6 Keajaiban Laut Dunia

 0
6 Keajaiban Laut Duniaby Adminon.6 Keajaiban Laut Dunia6 Keajaiban Laut Dunia - Di dunia ini ada banyak fenomena alam yang menakjubkan terjadi. Seperti sungai di bawah laut Mexico. Dan berikut adalah beberapa fenomena menakjubkan di beberapa laut di dunia versi Ahha Web. 1. Sungai Yang Mengalir di dalam Laut               Suatu hari, seorang ahli kelautan bernama Jacques Yves Costeau melakukan penelitian di dasar […]
http://nontondisini.com

6 Keajaiban Laut Dunia - Di dunia ini ada banyak fenomena alam yang menakjubkan terjadi. Seperti sungai di bawah laut Mexico. Dan berikut adalah beberapa fenomena menakjubkan di beberapa laut di dunia versi Ahha Web.

6 Keajaiban Laut Dunia 300x200 6 Keajaiban Laut Dunia

1. Sungai Yang Mengalir di dalam Laut

image002 6 Keajaiban Laut Dunia

              Suatu hari, seorang ahli kelautan bernama Jacques Yves Costeau melakukan penelitian di dasar laut untuk Discovery Channel. Ia menelurusi fenomena bawah laut di Cenota Angelita, Mexico. Saat melakukan penyelaman, ia dikejutkan dengan sebuah fenomena alam yang luar biasa. Dia menemukan air tawar di antara air laut yang asin. Penemuan itu membuatnya takjub.  Bagaimana mungkin air tawar bisa berada terpisah dalam air laut yang asin? Tetapi itulah kenyataan yang dia temukan di dalam laut.
              Rasa ingin tahunya yang besar membuat Costeau kembali menyelam lebih dalam lagi. Ia menyaksikan fenomena alam yang lebih mengejutkan lagi. Betapa tidak. Ia melihat ada sungai di dasar lautan. Sungai di bawah laut itu ditumbuhi daun-daunan dan pohon. Para peneliti menyebut fenomena itu sebagai lapisan Hidrogen Sulfida. Tapi tampak seperti sungai? Yang menjadi tanda tanya para ahli, mengapa air yang mengalir di sungai bawah laut itu rasanya tawar? 

2. Dua Laut Yang Terpisah

air+tidak+bercampur 6 Keajaiban Laut Dunia


              Dua lautan yang tidak bercampur itu terletak di Selat Gibraltar, selat yang memisahkan benua Afrika dan Eropa, tepatnya antara negera Maroko dan Spanyol. 
              Arus Selat Gibraltar memang sangat besar di bagian bawahnya. Hal ini dikarenakan perbedaan suhu, kadar garam, dan kerapatan airnya. Air laut di Laut Tengah memiliki kerapatan dan kadar garam yang lebih tinggi dari air laut yang ada di Samudera Atlantik.
              Seakan ada sekat yang memisahkan kedua jenis air ini. Bahkan batas antara kedua air dari dua buah laut ini sangat jelas. Air laut dari Samudera Atlantik berwarna biru lebih cerah. Sedangkan air laut dari Laut Tengah berwarna lebih gelap. Inilah keajaiban alam. Tidak hanya itu yang aneh dari perilaku dari kedua air laut ini. Ternyarta, air laut dari laut Tengah yang tidak mau bercampur dengan air laut dari Samudera Atlantik ini menyusup di bawah air laut yang berasal dari Samudera Atlantik. Air dari Laut Tengah ini menyusup di bawah air dari Samudera Atlantik di bawah kedalaman 1000 meter dari permukaan Samudera Atlantik.
              Di Selat Gibraltar itu ada pertemuan dari dua jenis laut yang berbeda. Perbedaan itu sangat jelas kelihatan dari perbedaan warna air laut. Ada garis batas yang memisahkan keduanya. Air laut dari lautan atlantik berwarna biru lebih terang. Air laut dari laut Mediteranian berwarna biru lebih gelap, lebih pekat. Garis batasnya sangat jelas. Perhatikan foto tersebut !!



3. Kobaran Api Di Dasar Laut

lava 0001 6 Keajaiban Laut Dunia

               
              Setelah beberapa waktu lalu ada fenomena aneh yaitu Sungai di Bawah Laut Mexico, kali ini sebuah keajaiban yang diluar logika telah terjadi di kepulauan Hawai. 
Sebuah kobaran api di dalam laut yang disebabkan oleh retakan di dasar lautan yang mengeluarkan lava, dan lava ini menyebabkan air mendidih hingga suhunya lebih dari seribu derajat Celcius. Meskipun suhu lava tersebut luar biasa tingginya, ia tidak bisa membuat air laut menguap, dan walaupun air laut ini berlimpah-luah, ia tidak bisa memadamkan api. 

 

4. Lobang Biru di Laut

main belize barrier reef 6 Keajaiban Laut Dunia

               Great Blue Hole adalah lubang runtuhan bawah air di lepas pantai Belize. Lubang itu terletak di dekat pusat Karang Lighthouse, sebuah atol kecil yang berjarak 70 kilometer (43 mil) dari daratan dan Belize City. Lubang dalam bentuk melingkar, lebih dari 300 m (984 kaki) di seluruh dan dalam 125 m (407 kaki). Lubang ini terbentuk selama beberapa peristiwa glasiasi Kuarter ketika permukaan air laut jauh lebih rendah – analisa penemuan stalaktit di Great Blue Hole menunjukkan formasi yang telah terjadi 153.000, 66.000, 60.000, dan 15.000 tahun yang lalu. Sebagai laut yang mulai muncul kembali, gua-guanya tergenang. Great Blue Hole adalah bagian dari Sistem Cagar Karang Penghalang Belize yang lebih besar, sebagai Situs Warisan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO).


5. Jalan Alam Di Tengah Laut

Jalan+Laut 6 Keajaiban Laut Dunia


               Jindo adalah kepulauan yang terdiri dari 250 pulau. Setiap tahun, pada akhir bulan Februari, dan pertengahan Juni, pasang air laut sangat rendah yang mengakibatkan dasar laut dengan panjang 2,9 kilometer dan lebar 10-40 meter muncul ke permukaan. Jalan lintas itu pun menghubungkan Pulau Utama Jindo dengan Pulau Kecil Modo di selatan Jindo.
               Jalan itu akan kering dalam satu jam, setalah satu jam jalan itu akan tenggelam lagi. Untuk itu penduduk Korea Selatan mengadakan festival untuk merayakan nya yang di sebut Jalan Laut Jindo.
                Jalan itu pada awal nya tidak diketahui dunia, hingga tahung 1975 seorang pria Perancis, Pierre Randi, menggambarkan fenomena itu dalam surat kabar Perancis. Kini hampir setengah juta turis asing dan lokal menghadiri acara tersebut setiap tahun nya.



6. Gelombang Di Dalam Laut



Catatan : Karena masih baru, gambar gelombang di dalam laut ini masih belum ada. Saya mohon maaf atas kekurangan ini. 




               Para ilmuwan baru-baru ini menemukan keberadaan gelombang di dasar lautan, yang terjadi pada pertemuan antara lapisan-lapisan air laut yang memiliki kerapatan atau massa jenis yang berbeda. Gelombang yang dinamakan gelombang internal ini meliputi wilayah perairan di kedalaman lautan dan samudra dikarenakan pada kedalaman ini air laut memiliki massa jenis lebih tinggi dibanding lapisan air di atasnya. 
               Gelombang internal memiliki sifat seperti gelombang permukaan. Gelombang ini dapat pecah, persis sebagaimana gelombang permukaan. Gelombang internal tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tapi keberadaannya dapat dikenali dengan mempelajari suhu atau perubahan kadar garam di tempat-tempat tertentu. 

Sumber : enamenit.blogspot.com

Related Posts